Rabu, 01 Juni 2011

SAMBUTAN BUPATI KUNINGAN PADA ACARA RAPAT KOORDINASI KERJASAMA DAERAH

SAMBUTAN BUPATI KUNINGAN

PADA ACARA RAPAT KOORDINASI KERJASAMA DAERAH

KUNINGAN, 9 MARET 2011

BISMILLAHIRROHMANNIRROHIM
ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.
YTH.   WAKIL BUPATI KUNINGAN;
YTH.   SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN KUNINGAN;
YTH.   STAF AHLI, PARA ASISTEN, KEPALA SKPD, CAMAT 
           WILAYAH PERBATASAN KAB. KUNINGAN;
YTH.   PARA KEPALA BAPPEDA, KABAG TATA PEMERINTAHAN KAB. KUNINGAN, KAB. MAJALENGKA, KAB. CIAMIS, KAB. CIREBON, KOTA CIREBON, KOTA BANJAR, KAB. BREBES DAN KAB. CILACAP.
PUJI SYUKUR MARILAH SENANTIASA KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SWT, KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA PADA HARI INI KITA DAPAT MENGHADIRI PERTEMUAN YANG MENURUT SAYA SANGAT STRATEGIS BAGI KEMAJUAN DAERAH, DILIHAT DARI KONTEKS OTONOMI DAERAH MAUPUN DALAM KERANGKA PENCAPAIAN TUJUAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN PADA UMUMNYA.
SHOLAWAT SERTA SALAM SEMOGA SELALU TERCURAH KEPADA NABI MUHAMMAD SAW, KEPADA KELUARGANYA, PARA SAHABAT DAN KITA SELAKU UMATNYA SAMPAI AKHIR JAMAN. AMIN.
SEBAGAIMANA KITA KETAHUI BERSAMA, BAHWA PERJALANAN SEJARAH PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH TELAH MENGALAMI BEBERAPA PERUBAHAN PERATURAN PERUNDANGAN. ADANYA PERUBAHAN TERSEBUT TENTU SAJA BERIMPLIKASI KEPADA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DI DAERAH.
KONSEP OTONOMI DAERAH MENJADI SEBUAH KEBUTUHAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. KEBERAGAMAN POTENSI YANG DIMILIKI OLEH DAERAH MENUNTUT ADANYA PERUBAHAN DARI POLA SENTRALISASI MENJADI DESENTRALISASI.
PEMBERIAN OTONOMI KEPADA DAERAH YANG MEMBERIKAN RUANG YANG LUAS BAGI DAERAH UNTUK MENGGALI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI YANG DIMILIKI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK. DIMANA DINAMIKA YANG BERKEMBANG DI MASYARAKAT DARI TAHUN KE TAHUN, SELALU MENGHARAPKAN ADANYA PENINGKATAN PELAYANAN DI BERBAGAI ASPEK, BAIK ITU PELAYANAN PUBLIK, POTENSI EKONOMI, SOSIAL BUDAYA, PARIWISATA MAUPUN SUMBER DAYA ALAM.
PADA TATARAN IMPLEMENTASI, DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SUATU DAERAH, DIBUTUHKAN KOMITMEN BERSAMA DENGAN PEMERINTAHAN DAERAH LAINNYA YANG HADIR PADA PERTEMUAN INI, DALAM UPAYA PEMANTAPAN JALINAN KERJASAMA DAERAH. KEBERADAAN PP NOMOR 50 TAHUN 2007 TENTANG TATA CARA KERJASAMA DAERAH YANG DITINDAKLANJUTI DENGAN PERMENDAGRI NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG PETUNJUK TEKNIS TATA CARA KERJASAMA DAERAH, MENJADIKAN LANDASAN KITA DALAM PELAKSANAAN KERJASAMA TERSEBUT.
BERDASARKAN PERTIMBANGAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PELAYANAN PUBLIK, SINERGI DAN SALING MENGUNTUNGKAN, PELUANG KERJASAMA INILAH YANG AKAN KITA BANGUN, SETIAP DAERAH PASTI MEMILIKI POTENSI YANG DAPAT DIKERJASAMAKAN DENGAN DAERAH LAINNYA, BAIK ITU POTENSI EKONOMI, SOSIAL BUDAYA, PARIWISATA MAUPUN SUMBER DAYA ALAM, DAN YANG TIDAK KALAH PENTING ADALAH PELAYANAN PUBLIK YANG TERSEBAR DI WILAYAH PERBATASAN KABUPATEN KUNINGAN DENGAN KABUPATEN LAINNYA, YANG MEMBUTUHKAN PERHATIAN KITA SEMUA. KITA KETAHUI PELAYANAN PUBLIK DAN INFRASTRUKTUR DI WILAYAH PERBATASAN TERKADANG TERABAIKAN, UNTUK ITU MELALUI KERJASAMA DAERAH INI DIHARAPKAN TIDAK TERJADI LAGI KESENJANGAN MENGENAI PELAYANAN PUBLIK DAN INFRASTRUKTUR DI WILAYAH PERBATASAN.
HADIRIN UNDANGAN YANG BERBAHAGIA,
PADA BULAN DESEMBER 2010 YANG LALU TELAH DILAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI DALAM RANGKA PERSIAPAN PELAKSANAAN KERJASAMA ANTAR DAERAH YANG DI HADIRI OLEH PARA ASISTEN PEMERINTAHAN, KEPALA BAPPEDA, KABAG TATA PEMERINTAHAN DAN KABAG HUKUM DARI 8 (DELAPAN) KABUPATEN/KOTA. DALAM PERTEMUAN TERSEBUT TELAH MENGHASILKAN KESEPAHAMAN BAHWA PADA PRINSIPNYA 8 KABUPATEN/KOTA SEPAKAT UNTUK MELAKUKAN KERJASAMA ANTAR DAERAH.
DALAM PERTEMUAN LANJUTAN HARI INI SAYA MENGHARAPKAN ADANYA PENAJAMAN TERHADAP DATA DAN POTENSI OBYEK YANG AKAN DIKERJASAMAKAN, PROFIL KABUPATEN/KOTA YANG TERDIRI DARI KONDISI GEOGRAFIS, DEMOGRAFIS, EKONOMI, PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN INFRASTRUKTUR, PROFIL KAWASAN PERBATASAN KABUPATEN/KOTA, ISU STRATEGIS DAN PERMASALAHAN KAWASAN PERBATASAN DAN JUGA POTENSI YANG DAPAT DIKERJASAMAKAN DENGAN KABUPATEN KUNINGAN.
DALAM PERTEMUAN RAPAT KOORDINASI KERJASAMA DAERAH INI, SAYA HARAPKAN PARA  PESERTA UNTUK DAPAT MEMANFAATKAN PERTEMUAN INI SEBAIK-BAIKNYA SEBAGAI UPAYA PEMANTAPAN MENUJU KESEPAHAMAN DIANTARA PARA BUPATI DAN WALIKOTA YANG AKAN MELAKSANAKAN KERJASAMA DAERAH. DIMANA DALAM PERTEMUAN ”KUNINGAN SUMMIT” TERSEBUT AKAN DI DEKLARASIKAN DENGAN PENANDATANGAN MoU MENGENAI KERJASAMA DAERAH, DENGAN TERCAPAINYA POLITICAL AGREEMENT / IKATAN NIAT BAIK DIANTARA PARA BUPATI DAN WALIKOTA PESERTA KERJASAMA DAERAH YANG DITUANGKAN DALAM MoU, TENTUNYA AKAN MEMUDAHKAN LANGKAH BERIKUTNYA DALAM PENYUSUNAN DRAFT NASKAH PERJANJIAN KERJASAMA DAERAH YANG LEBIH SPESIFIK DAN MEMPUNYAI DAMPAK HUKUM DAN MENGIKAT.
SAYA MEYAKINI, SEMUA YANG HADIR PADA KESEMPATAN INI MEMILIKI PEMIKIRAN YANG SAMA UNTUK MEMBERIKAN YANG TERBAIK KEPADA DAERAH DAN MASYARAKATNYA. UNTUK ITU SAYA MENGHARAPKAN DUKUNGAN PEMIKIRAN DARI SEMUA PIHAK UNTUK BERSAMA-SAMA MERUMUSKAN BENTUK DAN SEKTOR PEMBANGUNAN YANG MEMUNGKINKAN UNTUK DILAKUKAN KERJASAMA DAERAH DAN MUDAH-MUDAHAN DAPAT MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI MASING-MASING DAERAH.
DEMIKIAN SAMBUTAN YANG DAPAT SAYA  SAMPAIKAN, TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA. SEMOGA KITA SELALU MENDAPAT PERLINDUNGAN DAN RIDHO DARI ALLAH SWT. AMIN.
BILLAHITAUFIK WALHIDAYAH.
WASSALAMU ALAIKUM, WR.WB.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar